Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Strategi Iklan Google Ads Untuk Menangkan Persaingan Bisnis

4 Strategi Iklan Google Ads Untuk Menangkan Persaingan Bisnis

4 Strategi Iklan Google Ads Untuk Menangkan Persaingan Bisnis

Dalam dunia pemasaran digital, Google Ads (sebelumnya dikenal sebagai Google AdWords) adalah senjata yang kuat untuk memenangkan persaingan bisnis. Berikut adalah empat strategi yang dapat membantu Anda meraih kesuksesan dengan Google Ads:


Riset Audiens: Sebelum meluncurkan kampanye, lakukan riset mendalam tentang siapa audiens Anda. Gunakan fitur AdWords untuk menargetkan audiens berdasarkan demografi, lokasi, atau perilaku saat mengakses mesin pencari Google. Data ini akan membantu Anda menjangkau calon pelanggan yang potensial1.

Iklan Dinamis: Fitur iklan dinamis sangat berguna bagi para retailer. Anda dapat menentukan produk mana yang ingin ditampilkan berulang kepada audiens. Google akan mencoba memberikan produk yang sesuai dengan minat pengunjung. Misalnya, jika seseorang tertarik pada T-shirt, iklan T-shirt akan terus muncul hingga mereka benar-benar berbelanja1.

Pengaturan Waktu Iklan: Urgensi adalah kunci dalam iklan yang efektif. Dengan AdWords, Anda dapat mengeset waktu tayang iklan sesuai kebutuhan. Misalnya, Anda bisa membuat iklan dengan pesan “Webinar dimulai 2 jam lagi!” untuk mendorong tindakan segera dari audiens1.

Melawan Kompetitor: Pantau dan siasati pesaing yang menghabiskan anggaran iklan besar-besaran. Fokus pada strategi yang lebih cerdas dan efisien untuk mengoptimalkan hasil kampanye Anda1.

Ingatlah bahwa Google Ads memberikan fleksibilitas, kendali atas anggaran, dan analisis yang mendalam. Dengan strategi yang tepat, Anda dapat memenangkan persaingan dan meraih kesuksesan dalam bisnis Anda! 😊

Berikut 4 trik iklan Google ads yang bisa Anda coba:

Riset siapa audiens/target Anda?

Fitur Google Ads merupakan harta karun terbesar dari perusahaan teknologi raksasa, Google untuk mengumpulkan informasi berharga tentang target pasar.

Idenya cukup sederhana, Google memungkinkan pengiklan menentukan siapa saja audiens pasar bisnis mereka.

Hanya dengan menargetkan audiens berdasarkan demografi, lokasi, atau perilaku saat mengakses mesin pencari Google.

Selanjutnya, Google akan meneliti para pengunjung yang aktif saat membandingkan produk atau mengeklik iklan google ads mereka.

Mereka akan memanfaatkan data ini untuk membantu pengiklan menjangkau calon pelanggan yang potensial.

Strategi Google Ads dengan iklan dinamis

Bagi para retailer, fitur ini sangat layak dicoba. Para pengiklan dapat menentukan produk mana yang dilihat audiens dan menayangkan iklan tersebut secara berulang.

Dengan kata lain, Google mencoba untuk memberikan apa produk yang diinginkan audiens.

Sebagai contoh, jika Anda sebelumnya pernah mengeklik iklan T-shirt, tapi belum sampai ke tahap membeli. Maka, saat Anda beralih melihat situs lain, iklan T-shirt ini akan tetap tampil di smartphone atau pc anda.

Kemungkinan besar, jika audiens memang tertarik dan menunggu saat yang tepat untuk membeli, suatu saat ia akan benar – benar berbelanja dan membayarnya.

Mengeset waktu iklan

Urgensi menjadi bagian penting dalam iklan yang berkinerja tinggi. Sayangnya, tidak semua marketer memiliki waktu untuk terus duduk di depan komputer dan menjalankan promosi.

Itulah sebabnya, iklan google ads memperkenalkan serangkaian skrip yang bermanfaat dan mudah dipahami sekalipun oleh copywriter pemula.

Dengan Google Ads, pengiklan bisa mengeset waktu tayang iklan sesuai kebutuhan. Contohnya, iklan dimulai hari ini hingga 14 hari, 1 bulan, dll.

Bahkan, Anda bisa menggunakan strategi iklan berdasarkan jam. 

Karena memiliki keterbatasan waktu, audiens umumnya akan mempersiapkan diri untuk membeli sebelum masa promo iklan habis.

Dengan begitu, strategi Google Ads ini akan menguntungkan pembaca karena lebih real-time dan mudah disesuaikan dengan promosinya.

Jadwalkan iklan agar sesuai dengan waktu audiens berbelanja

Perbedaan waktu dan budaya membuat pengaturan iklan di berbagai wilayah juga seharusnya berbeda.

Untuk memaksimalkan keuntungan iklan, fitur Google Ads dilengkapi pengaturan jadwal iklan berdasarkan waktu audiens cenderung berbelanja.

Pengaturan ini akan sangat berguna jika, katakanlah sekarang kantor Anda berlokasi di Indonesia, sementara prospek produk Anda sangat prospek di Amerika Serikat.

Google Google Ads memungkinkan iklan untuk ditampilkan pada waktu – waktu tertentu dalam sehari di suatu negara/lokasi.

Di mana waktu tersebut merupakan waktu yang cenderung paling sering dipakai audiens di negara – negara tertentu untuk membeli produk Anda.

Menyiasati para pesaing yang menghamburkan budget iklan Anda

Jangan mau membayar klik yang dilakukan oleh para pesaing Anda. Manfaatkan fitur yang dapat memblokir IP para pesaing bisnis.

Caranya cukup mudah. Pertama, tentukan alamat IP pesaing Anda. Kemudian, masuk ke menu pengaturan Google Ads dan tambahkan alamat – alamat IP para kompetitor.

Langkah ini akan membuat iklan tidak akan pernah ditampilkan pada komputer yang beralamatkan IP tersebut.

Nah, itu dia beberapa kunci Google Ads untuk merebut persaingan pasar. Siapkan strategi dan kartu rahasia Anda untuk membuat iklan bisnis menjadi lebih efektif dan efisien. Good luck!

4 Strategi Iklan Google Ads Untuk Menangkan Persaingan Bisnis1

Ini 5 Alasan Kenapa Harus Menggunakan Google Google Ads? 

Pada awal dirilis 23 Oktober 2000, program pemasaran Google hanya berambisi untuk meningkatkan keuntungan perusahaan.

Namun, setelah satu dekade berlalu, tak disangka ternyata Google mampu mengubah cara pemasaran secara online ke level selanjutnya dengan meraup laba $42 miliar.

Hari ini kita mengenalnya dengan Google Google Ads. Dan Google Ads sudah menjadi bagian penting dalam pemasaran bisnis online yang sukses.

Bila Anda masih awam dengan Google Ads, sebenarnya ini adalah layanan berbayar per klik untuk menjalankan iklan bisnis Anda. Iklan bisnis Anda akan ditampilkan pada hasil pencarian Google.

Bila kata kunci pencarian relevan dan cocok dengan audiens target, Anda bisa berpeluang menjangkau calon pelanggan potensial yang berminat untuk membeli produk Anda.

Mulai tertarik dengan Google Ads? Berikut 5 alasan mengapa pebisnis harus menggunakan Adwors untuk pemasaran:

Iklan Google Ads Dapat Dianalisa dan Fleksibel

Lebih efektif, terutama untuk pemasar pemula, untuk menetapkan batas anggaran harian 1/2 atau 1/4 dari total anggaran harian.

Ini memungkinkan Anda untuk merampingkan kampanye Anda sambil memantau bagaimana lalu lintas Anda didasarkan pada penargetan.

Menurunkan biaya juga merupakan ide bagus untuk kampanye CPC manual. Anda kemudian dapat meningkatkan tawaran Anda sesuai kebutuhan berdasarkan hasil pencarian kata kunci Anda.

Teks dan gambar di iklan Google Ads

Google Ads merupakan gabungan kata dan gambar iklan yang dapat menarik perhatian calon pelanggan.

Hanya perlu 5 detik untuk meyakinkan calon pelanggan agar benar-benar mengklik, membeli, atau menggunakan produk Anda.

Sebaiknya Anda menulis teks iklan yang berbeda untuk satu kampanye. Pemirsa selalu menanggapi teks iklan yang unik dan kreatif.

Anda kemudian dapat menggunakan teks iklan (salinan) yang menarik audiens terbesar dan mempostingnya ke seluruh kampanye Anda untuk efektivitas maksimum.

Gambar sama pentingnya dengan teks iklan, terutama untuk iklan Google Ads di 'Display Network'. Gambar yang Anda pilih untuk iklan Anda harus bisa membuat audiens Anda mengkliknya. 

Intinya, gambar harus bisa "Sangat menarik Perhatian" yang menyisihkan jutaan kampanye iklan pesaing.

Pilih gambar berkualitas tinggi yang terlihat alami dan jujur ​​tentang produk Anda. Anda kemudian dapat terus menguji kinerja iklan ini.

Sudah siap bersaing di dunia digital marketing dengan iklan Google Ads? 

Nan Cukup sekian Dulu "4 Strategi Iklan Google Ads Untuk Menangkan Persaingan Bisnis" Semoga menambah sedikit wawasan anda.

Posting Komentar untuk "4 Strategi Iklan Google Ads Untuk Menangkan Persaingan Bisnis"