Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Perbedaan Strategi CPM dan Strategi VCPM di Google ads

Ini Perbedaan Strategi CPM dan Strategi VCPM di Google ads

Ini Perbedaan Strategi CPM dan Strategi VCPM di Google ads

Dalam platform periklanan digital seperti Google Ads, terdapat berbagai strategi bidding yang memengaruhi efektivitas kampanye iklan. Dua strategi yang sering digunakan adalah CPM (Cost Per Mille) dan VCPM (Viewable CPM). Mari kita bahas perbedaannya:

CPM (Cost Per Mille):
Pengiklan membayar per seribu tampilan iklan, tanpa memperhitungkan jumlah klik.
Fokus pada jumlah tampilan (impressions) iklan, tanpa memperhatikan interaksi pengguna.
Cocok untuk kampanye merek yang ingin meningkatkan kesadaran tanpa memperhitungkan tindakan langsung dari pengguna.

VCPM (Viewable CPM):
Pengiklan hanya membayar ketika iklan dapat dilihat oleh pengguna (viewable impressions).
Mengoptimalkan nilai tampilan yang sebenarnya terlihat oleh audiens.
Lebih relevan untuk kampanye yang mengutamakan interaksi langsung, seperti mengarahkan pengguna ke situs web atau memperoleh konversi.

Ingatlah bahwa pemilihan strategi bidding harus disesuaikan dengan tujuan kampanye Anda. Apakah Anda ingin fokus pada tampilan iklan atau interaksi langsung? Pertimbangkan baik CPM maupun VCPM sesuai dengan kebutuhan Anda! 😊

Metode penawaran/bidding bayar per seribu tayang di Jaringan Display Google meniliki dua jenis, Yaitu:

1. CPM standar 

2. CPM Terlihat/(VCPM)

Dengan penawaran/bidding Biaya per seribu tayangan Terlihat (VCPM), Anda hanya membayar bila iklan Anda Dapat dilihat Oleh target anda.

Tawaran/bidding Biaya per seribu tayangan secara otomatis dikonversi ke Biaya per seribu tayangan Terlihat, 

namun sebaiknya perbarui penawaran Anda karena harga iklan tayangan terlihat berpotensi lebih mahal.

Iklan bergambar

iklan dihitung sebagai 'terlihat' jika 50% iklan tetap berada di layar selama lebih dari 1 detik.

Iklan video 

iklan terus diputar selama lebih dari 2 detik. 

Saat memilih penawaran/bidding CPM untuk kampanye iklan 'Hanya Display saja', Anda dapat memilih VCPM sebagai strategi penawaran/bidding Anda.

Dengan VCPM Anda menawar/bid 1.000 tayangan terlihat dan membayar tayangan yang diukur sebagai terlihat. 

Menggunakan tawaran/bidding VCPM yang lebih tinggi dari pada tawaran/bidding CPM standar biasanya lebih efektif dalam memperoleh jenis tayangan.

Ini akan membantu Anda menjaga tawaran/bidding Anda tetap kompetitif dan selalu mencapai anggaran harian rata-rata Anda.

Manfaat VCPM

Anda hanya membayar untuk tayangan yang diukur sebagai terlihat.

tawaran/bidding Anda dioptimalkan untuk memilih slot iklan yang kemungkinan besar akan muncul.

Jika Anda tertarik untuk menetapkan tawaran/bidding secara manual untuk  iklan tayangan terlihat dari pada iklan klik, 

strategi penawaran/bidding ini akan membantu Anda mencapai sasaran ini lebih baik daripada jenis strategi penawaran/bidding lainnya.

Secara umum, tawaran/bidding Anda untuk VCPM mungkin harus lebih tinggi daripada tawaran/bidding Anda untuk kampanye CPM standar guna memastikan bahwa biaya dan lalu lintas Anda berada pada tingkat yang sama dengan kampanye CPM standar Anda. Namun, Anda harus bereksperimen dengan tawaran/bidding yang sesuai dengan sasaran kampanye Anda.

Strategi penawaran/bidding CPM tampaknya tidak hanya berfungsi dengan kampanye Jaringan Penelusuran.

Jika Anda membuat kampanye menggunakan strategi bidding  Display, lalu membuat iklan yang tidak kompatibel, iklan Anda tidak akan ditampilkan.

Anda mungkin dikenakan biaya untuk sebagian kecil dari tayangan yang ditampilkan.

Cara memantau tayangan terlihat

Tayangan terlihat ditampilkan dalam pelaporan kampanye. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk melihat jumlah tayangan dan tayangan terlihat untuk kampanye VCPM Anda.

Masuk ke akun Google Ads Anda.

Di panel navigasi di sebelah kiri, pilih kampanye Display atau kampanye Video bergantung pada apa yang ingin Anda lihat.

Pilih Kampanye, Grup iklan, atau Iklan & ekstensi dari menu halaman di sebelah kiri.

Klik menu tarik-turun kolom Gambar pada ikon kolom Google Ads di atas tabel statistik, lalu pilih kolom Ubah.

Klik menu tarik-turun Visibilitas.

Untuk menambahkan kolom tertentu, pilih kotak centang di sebelah kiri setiap kolom yang ingin Anda tampilkan di laporan.

Pahami arti setiap opsi kolom "Visibilitas".

  • Tag Terlihat: Tayangan Terlihat
  • VCPM rata-rata: biaya rata-rata untuk 1.000 tayangan terlihat
  • Measurable Ratio: Menunjukkan persentase total tayangan yang dapat diukur.
  • View Rate: Menampilkan persentase tayangan terukur yang dapat dilihat. Opsi ini memperkirakan jumlah tayangan yang benar-benar dilihat pelanggan.
  • distribusi Tayangan. Tidak Terukur: Menampilkan persentase tayangan total dari lokasi yang keterlihatannya tidak dapat diukur.
  • distribusi Tayangan. Invisible: Menampilkan persentase semua tayangan iklan yang dianggap tidak terlihat.

  • distribusi Tayangan. Terlihat: Menampilkan persentase semua tayangan iklan yang dianggap terlihat.
  • Biaya Terukur: Menunjukkan total biaya eksposur yang dapat diukur.
  • Tag Measurable: Menampilkan jumlah tayangan yang dapat diukur. Tidak semua eksposur yang ditampilkan dapat diukur.
  • Tag Impossible: Menunjukkan berapa kali iklan Anda ditampilkan di lokasi yang visibilitasnya tidak dapat diukur.
  • Tag Invisible: Menunjukkan seberapa sering iklan Anda dianggap tidak terlihat.


Itulah Strategi CPM dan VCPM dalam Dalam Google ads, Semoga Bermanfaat

Posting Komentar untuk "Ini Perbedaan Strategi CPM dan Strategi VCPM di Google ads"