Pelajari 7 Strategi Bidding Google Ads untuk Iklan Usaha Kecil Minim Biaya
Pelajari 7 Strategi Bidding Google Ads untuk Iklan Usaha Kecil yang Minim Biaya
Untuk setiap 1 rupiah yang Anda bayar, Google Ads berusaha mendapatkan 4 rupiah untuk anda, Tapi Harus Tau Strategi ini!
Pelajari 7 Strategi Bidding Google Ads untuk Iklan Usaha Kecil Minim Biaya - Metode promosi berbayar seperti Google Ads, seperti strategi bidding Google Ads, harus diketahui oleh para pebisnis. Strategi penawaran adalah salah satu cara terpenting untuk membuat iklan Anda berperforma lebih baik dari segi harga dan juga penayangan.
Strategi ini juga memungkinkan Google untuk menentukan tujuan dari iklan yang Anda buat. Memilih strategi penawaran yang salah akan menghasilkan hasil iklan yang salah dan tidak efisien.
Jika Anda ingin mengetahui strategi tips iklan bisnis murah ini, simak pembahasannya berikut ini.
Mengetahui Lebih jauh tentang strategi bidding di Google Ads.
Strategi penawaran adalah strategi penawaran yang bertujuan untuk membelanjakan anggaran iklan harian Anda di Google Ads.
Ada dua jenis penawaran di Google Ads: tanpa batas dan batas tertentu. Jika tidak ada batasan, Google bebas menggunakan anggaran tanpa pemberitahuan lebih lanjut.
Memang tidak buruk, tapi kemungkinan persentase biaya yang Anda keluarkan akan lebih besar.
Di sisi lain, jika ada batasan, Google tidak bisa sembarangan membelanjakannya karena ada batasan tertentu yang Anda tetapkan secara manual sebelum iklan ini muncul.
Strategi penawaran terpisah memiliki efektivitas biaya yang baik, tetapi tidak jarang iklan tidak muncul sama sekali karena membatasi tampilan iklan.
Oleh karena itu, diperlukan strategi non-acak, dan cara ini biasanya digunakan oleh orang yang sudah berpengalaman.
Manfaat utama dari penawaran otomatis Google Ads adalah menghilangkan bagian tersulit dari pekerjaan, sehingga Anda tidak perlu menebak-nebak saat menetapkan tawaran untuk memenuhi sasaran kinerja Anda.
Ini berbeda dengan penawaran cpc manual, di mana Anda tidak perlu memperbarui tawaran secara manual untuk grup iklan atau kata kunci tertentu.
Strategi Google Ads yang sering digunakan
Memahami jenis umum strategi lelang (tawaran) di iklan Google Ads
Google Ads dikenal dengan fleksibilitasnya dan beragam opsi pengoptimalan. Semuanya, mulai dari fleksibilitas penargetan dan keputusan jenis iklan hingga strategi lelang dapat disesuaikan dengan setiap sasaran kampanye bisnis.
Maksimalkan iklan Anda dengan memahami dan mengoptimalkan fitur yang sudah ada di Google Ads.
Tidak lengkap rasanya membahas digital advertising tanpa membahas salah satu strateginya, seperti bidding atau lelang.
Jika Anda sudah sering menggunakan digital advertising sebagai metode pemasaran produk, istilah strategi bidding sudah tidak asing lagi bagi Anda. Ya, strategi penawaran Anda juga merupakan faktor penting dalam mencapai efektivitas periklanan digital.
Di antara banyak platform periklanan digital saat ini, Google Ads adalah platform periklanan dengan strategi penawaran terbanyak. Fitur Google Ads memiliki lebih dari 10 strategi bidding untuk berbagai jenis iklan, jadi mari kita lihat beberapa bid paling populer di Google Ads.
Apa itu strategi bidding/penawaran?
Bidding adalah sinyal untuk algoritme periklanan digital yang menghabiskan anggaran harian Anda untuk iklan yang Anda buat. Ada strategi penawaran yang ditetapkan tanpa batas waktu dan ada strategi penawaran yang ditetapkan dalam batas anggaran tertentu.
Tidak terbatas berarti bahwa algoritme bebas menggunakan anggaran Anda tanpa memposting sinyal tambahan apa pun, dan umumnya membahayakan efektivitas biaya iklan Anda untuk hasil konversi iklan yang Anda dapatkan.
Di sisi lain, memiliki batas berarti algoritme tidak dapat membelanjakan uang secara sembarangan, dan ada batasan tertentu yang ditetapkan oleh pengiklan sebelum iklan dijalankan.
Strategi penawaran ini berisiko membatasi penayangan iklan selama waktu lalu lintas tinggi, dan iklan sering kali memiliki tayangan rendah.
Setiap platform periklanan digital memiliki strategi penawaran yang menggunakan algoritme berbeda, meskipun cara kerjanya hampir sama.
Secara umum, saat menentukan strategi penawaran, Anda harus menyelaraskannya dengan sasaran kampanye dengan strategi penawaran iklan yang digunakan untuk mendapatkan klik, tayangan, atau konversi.
Ada beberapa cara untuk membuat iklan di Google Ads. Jika Anda seorang ahli, Anda dapat secara manual membuat strategi Anda sendiri agar sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Beberapa strategi antara lain:
Maksimalkan Klik
Strategi ini memungkinkan Google Ads menayangkan iklan Anda kepada audiens yang lebih cenderung mengklik iklan Anda.
Apa pun tujuan atau niat Anda, iklan Anda akan tampil jika audiens ini cenderung mengklik iklan Anda.
Namun, jangan salah paham dengan strategi bidding ini. Alasannya adalah bahwa menyebarkan iklan Anda ke audiens yang besar tidak berarti mendapatkan lebih banyak pengunjung untuk membeli produk atau layanan Anda.
Oleh karena itu, strategi bidding ini hanya cocok digunakan sebagai awareness, dengan informasi tambahan yang bisa Anda baca di website.
Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan sebanyak mungkin database target pengunjung sebelumnya. Jika Anda memiliki rencana pemasaran ulang untuk iklan berikut, Anda mungkin ingin menggunakan strategi ini terlebih dahulu.
Maksimalkan Konversi
Serangkaian klik memaksimalkan. Dengan ini, Google akan memfokuskan uang Anda untuk mendapatkan konversi terbanyak tanpa batas.
Kelemahan dari strategi ini, bagaimanapun, adalah bahwa meskipun jumlah konversi adalah nol, Google akan terus menghabiskan uang atau anggaran sampai Anda menghentikannya sepenuhnya.
Jadi, Anda perlu memiliki konfigurasi iklan yang tepat untuk menghindari pemborosan uang. Strategi ini sangat cocok jika Anda ingin mendapatkan potensi maksimal pada nilai biaya akuisisi rata-rata Anda.
Peningkatan biaya per klik (CPC)
Penawaran CPC adalah strategi yang tidak menggunakan otomatisasi Google dan mengharuskan Anda untuk mengoptimalkan strategi penawaran secara manual.
Strategi ini juga bisa disebut sebagai strategi turunan dari CPC Manual.
Karena batas maksimalnya bisa Anda tentukan sendiri.
Namun, menurut para ahli, strategi ini tidak terlalu berguna untuk kampanye lanjutan.
Karena jika Anda memiliki banyak kampanye, tentu Anda harus mengontrol semuanya secara manual.
Target biaya per tindakan (CPA)
Target CPA memungkinkan Anda memperoleh konversi dalam batas tertentu. Tujuan CPA ini biasanya diisi dengan nominal yang anda diinginkan.
Misalnya, CPA anda isi dengan Rp. 20.000, maka Google ads akan melakukan penyeimbangan agar biaya per konversi yang di temukan tidak melampaui dari harga Rp20 ribu.
Namun, penting untuk dipahami bahwa sasaran ini hanya efektif jika iklan yang akan ditayangkan diketahui memiliki potensi biaya terbesar.
Ini karena jika Anda menetapkan Target biaya per tindakan terlalu kecil, berisiko tidak menampilkan iklan Anda sama sekali.
Oleh karena itu, strategi ini biasanya digunakan dalam kampanye lanjutan yang sebelumnya telah melakukan kampanye lain.
Target biaya per mil (CPM)
Target biaya per mil memungkinkan Anda menetapkan batas biaya untuk setiap 1.000 tayangan iklan. Jika Anda ingin meningkatkan kesadaran, seperti iklan TV, Anda dapat menggunakan Target biaya per mil.
Hal ini karena dengan strategi ini, iklan Anda dapat dilihat oleh sebanyak mungkin orang dengan batasan biaya tertentu.
Namun, seperti strategi sebelumnya, Anda harus terlebih dahulu mengetahui arah iklan Anda yang hemat biaya.
Alasannya adalah jika Anda menetapkan CPM terlalu rendah, iklan Anda mungkin tidak tampil sama sekali.
Target CPM hanya tersedia untuk kampanye berbasis visual seperti iklan GDN atau YouTube.
Target Laba atas Investasi/belanja Iklan (ROAS)
Target ROAS atau laba atas belanja iklan akan memberi Anda nilai konversi tertinggi berdasarkan nilai ROAS yang Anda tentukan sebelumnya.
Tentu saja ini berbeda dengan target CPA Anda, di mana Anda bisa mendapatkan konversi sebanyak mungkin dalam batas biaya akuisisi tertentu.
Jika target CPA memungkinkan Anda mendapatkan konversi terbanyak dalam batas biaya akuisisi tertentu, target ROAS Anda akan berfungsi untuk memberi Anda nilai konversi terbanyak berdasarkan nilai ROAS yang ditentukan sebagai persentase.
Maksimalkan nilai konversi
Strategi penawaran dengan target laba atas belanja iklan ini membutuhkan sedikit perhitungan. Rumusnya adalah:
Misalnya,
untuk mendapatkan Rp100.000 dari setiap Rp25.000 belanja iklan.
100.000 : 25.000 x 100% = 400% Target laba atas belanja iklan
Intinya, jika Anda mencoba menentukan laba atas belanja iklan (misalnya 4x), Google akan mencoba memonetisasi kampanye Anda sebanyak itu.
Untuk setiap 1 rupiah yang Anda bayar, Google Ads berusaha mendapatkan 4 rupiah untuk anda.
Strategi ROAS ini adalah strategi penawaran yang paling banyak digunakan untuk situs web e-niaga karena ini adalah fitur yang memungkinkan Anda mendapatkan hasil maksimal dari uang Anda.
Namun, bertentangan dengan poin sebelumnya, Anda harus berhati-hati untuk tidak menetapkan ROAS terlalu tinggi, karena iklan Anda mungkin tidak tampil sama sekali.
Strategi ini paling umum digunakan dalam e-commerce karena memiliki kemampuan untuk mendapatkan keuntungan sebanyak mungkin.
Ini adalah strategi bidding Google Ads yang harus diterapkan oleh bisnis Anda. Mengetahui berbagai strategi di atas dapat membantu Anda mengoptimalkan potensi bisnis Anda dan menuai banyak keuntungan.
Penutupan
Tidak semua strategi penawaran yang Anda pilih akan cocok dengan berbagai sasaran dan tujuan kampanye Anda yang sedang berjalan.
Dengan memahami setiap strategi penawaran di Google Ads, Anda dapat menyusun strategi iklan dengan lebih efektif dan akurat untuk memaksimalkan peluang keberhasilan Anda.
Pilih strategi penawaran yang cocok dengan sasaran iklan Anda sehingga algoritme dapat menyesuaikan anggaran yang Anda tetapkan dengan hasil yang ingin Anda capai.
Nah Itulah pembahasan tentang "6 Strategi Bidding Google Ads untuk Iklan Usaha yang Minim Biaya" Semoga sukses selalu
Posting Komentar untuk "Pelajari 7 Strategi Bidding Google Ads untuk Iklan Usaha Kecil Minim Biaya"